Selasa, 16 September 2014

Cara memodifikasi dish kecil untuk menankap satelit C band (GAGAL!!!)

Berawal sebuah ide gila yang berahir dengan sebuah kegagalan, ini dikarenakan suliltnya menerapkan sebuah teori menjadi sebuah kenyataan.

Persiapannya sbb:
-1batang besi cor ukuran 6mm panjang 12meter harganya Rp23500.
-seng bekas, maaf lupa beratnya ditempat rongsokan harganya Rp21000, jika baru seng dengan lebar 60cm per meternya Rp20000.
-Parabola kecil bekas OkeVision(TM) + LNB nya S band harganya Rp57000 (LNB nya yg sekarang lagi nganggur).
-Penggaris, meteran, palu, gergaji besi dll.
-Lebih baik gambar dibawah
gambar persiapan modifikasi dish parabola
Lihat juga setelah dirombak dengan bantuan "tukang las" dengan biaya Rp25000. Lihat gambar.
gambar setelah dimodifikasi

Setelah dirombak dan saya pasang ditiang untuk mencoba tracking satelit (Palapa D) dijalur C band dan ternyata GAGAL TOTAL...
Penyebabnya tentulah bisa diketahui yaitu cekungan serta titik fokus yang meleset dari hitungan teoritis.

Peringatan keras!!!
Jika anda ingin memodifikasi seperti saya lebih baik urungkan saja niat anda.
Lebih baik beli parabola baru dengan harga Rp318000 dengan ukuran 7,5feet.
Pecobaan ini hanya menghasilkan capek dan pegal2 linu serta buang2 uang saja ditambah lagi istri yg ngomel2.

Penutup
Semoga tulisan ini tidak berguna bagi siapa saja.
Paling2 tidak ada komentar karena sepinya pengunjung.


27 komentar:

  1. behahahag.. kocak deh mas ini.. kena semprot bini segala dah.. wkwkwkk salam kenal mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe
      Masih berani nyoba modif?
      Saya jamin kecewa seumur hidup.

      Hapus
  2. bagus bos infonya bisa untuk referensi....referensi untuk tidak mencoba he,,he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percobaan ini hanya cocok untuk pengacara=pengangguran_banyak_acara dan orang2 yg dalam kesesatan yg nyata. wkwkwk

      Hapus
  3. Menurut sy lebih baik capek seperti anda bos, namun dapat ilmu baru daripada hanya bisa ngampung ilmu dari orang-orang barat yg lebih berani gagal dalam berexperiment. Lanjutkennnn!!!!!!!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan2 experimen lg yg tdk kalah konyol n gila... he3
      Rencananya "Timbangan-Digital"
      Berhasil sy tulis gagalpun ditulis.
      Jika ada waktu.

      Hapus
    2. ya, tidak berhasil karena seharusnya permukaan tambahan mengikuti kurva permukaan offset dish bukan permukaan prime focus dish.
      Coba terus Pak, lebih baik gagal dari pada tidak mencoba sama sekali :)

      Hapus
  4. Haha... saya senang postingan anda. Sepertinya senasib sama saya. Malah lebih amatir lagi mas. Tracking satelit di jalur ku band aja saya gak berhasil, mana udah pakai dish Telkomvision lagi (Itu kan lumayan ukurannya). Yang parahnya dish udah dipasang di atas pohon mangga yang sebelumnya udah digunduli daun sama rantingnya. Bisa dibayangkan perjuangan saya seberapa besarnya, sampai mengorbankan sebatang mangga yang umurnya udah hampir 10 Tahun. Belum lagi omelan yang istri, nahan haus (karena lagi puasa). Tapi itu jadi pengalaman berharga yang patut DISESALI. Wkwkwkwk

    "Salam GAGAL" dari saya Mas :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha... Sy jg suka dgn komentar anda. Huahaha... Ini ide yg benar2 gila, sy bs bayangkan pd saat anda menggunduli pohon tsb, penuh dgn nafsu angkara murka pastinya. Wkwkwk
      Salam balik, GAGAL selalu...

      Hapus
    2. Saya sangat suport membaca artikel anda paling tidak ada pengalaman untuk kita semua, tidak banyak orang seperti anda gagal aja msh bangga, semangat om salam gagal dr saya.

      Hapus
    3. Saya sangat suport membaca artikel anda paling tidak ada pengalaman untuk kita semua, tidak banyak orang seperti anda gagal aja msh bangga, semangat om salam gagal dr saya.

      Hapus
    4. He..he..he...
      Sebetulnya tujuan modifikasi ini bertujuan utk ngirit dana, ketimbang beli dish baru maksud saya, tapi gak taunya malah runyam.

      Salam sukses selalu...
      Eh salah... Maaf...
      Salam gagal selalu...
      Nah yang ini baru bener...

      Hapus
  5. Mantab bos............................

    BalasHapus
  6. Kalo diakali buat nembak wifi bs gak ya gan ? Sdh sebulan lbh nguprek koq gagal melulu.. Wkwkwkkkk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat wifi bisa saja, dari pada beli antena grid.
      Memang nembak satelit apa?

      Hapus
  7. Gagal juga akhirnya

    semoga dengan usaha bersama bisnis rental mobil di palembang dan sewa mobil di palembang dapat meraih kesuksesan

    BalasHapus
  8. Saya ada niat modif menambah lebar dish ex telvis 100x90cm menjadi 150x140cm atau lebih, brdasarkan reverensi bule2 bisa asal tambahan itu mengikuti pola dish yg mau diperlebar cuma saya pikir sepertinya tidak gampang lebih gampang ditabung baiaya tuk beli dish yg besar hehehehe ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah... itu mungkin bulenya lg tersesat
      Wkwkwkwk.........

      Hapus
  9. Lhawong platnya datar 2 g ngikuti pola gitu..gimana mau focus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha wong ati karep bondho cupet, yo ngene akhiri...

      Hapus
  10. Balasan
    1. Jika saja penambahan sayapnya benar harusnya sih jarak fokusnya tetap tapi sdhlah dish modifanya sdh sy preteli, sekarang ke jcsat-4b ku-band.

      Hapus

WA 085640879897

Cara nembak wifi dan alatnya

Alat utk freq 2,4Ghz (urut A->Z): Nc-link nc-ap111 (to h<1jt)* Nc-link nc-ap211 (to h<1jt)* Netis WF2419E (ti h<300rb)* ...